American History X (1998) : Representasi Kekerasan Rasial


 Release Date : 30 October 1998
 Director :  Tony Kaye
 Genre : Crime Drama
 Cast : Edward Norton, Edward Furlong, Avery Brooks.


"This is not the fight i looked for, but one  that has been Forced upon me by those who wish to make me an alien in my own land"
The Story Line :
Film ini menceritakan tentang Derek Vinyard (Norton) dan Daniel "Danny" Vinyard (Furlong) 2 orang kakak adik yang kehilangan ayahnya akibat ditembak oleh pengedar obat bius keturunan Afro Amerika, peristiwa tersebut memberikan dampak psikologis yang sangat berat terhadap 2 saudara tersebut, terutama Derek yang merupakan anak tertua di keluarga Vinyard. Mulai saat itulah Derek  menunjukan kebenciannya terhadap kaum "Kulit berwarna" dan menyatakan perang terhadap kaum "kulit berwarna"  yang dia anggap sebagai Parasit, Biang Kriminalitas, dan penyebab kaum "kulit Putih" ter-alienasi (terasingkan) dari tanahnya sendiri.


Bersama beberapa teman yang mempunyai pemahaman sama, Derek mendirikan sebuah Kelompok (geng) Skinhead beraliran Neo-Nazi untuk memerangi Kaum "Kulit berwarna" di daerahnya. Danny Vinyard yang sangat mengidolakan kakaknya pun mengikuti jejak Derek bergabung dalam Komunitas Skinhead tersebut.

sampai suatu malam, Derek ditangkap Polisi dan dijebloskan ke dalam penjara selama 3 tahun akibat membunuh dua orang "kulit Hitam" yang mencoba mencuri mobilnya. hidup 3 tahun di dalam penjara akhirnya menyadarkan Derek bahwa kebenciannya selama ini salah, segala perbuatan dan kemarahanya tidak akan membuat hidupnya lebih baik.

Bebas dari penjara Derek menemukan Adiknya Danny mengikuti jejaknya menjadi anggota Skinhead Neo Nazi, dan sekuat tenaga Derek berusaha meyakinkan adiknya bahwa semua paham Rasial yang dianut kelompok itu salah. 









 

My Opinion: 
Amerika memang akrab sekali dengan isu-isu rasial, dari mulai jaman "Ku Klux Klan" sampai pergerakan kelompok-kelompok fasis neo nazi yang masih marak sampai sekarang, dan film ini merupakan Representasi yang signifikan dari kekerasan rasial yang terjadi di Amerika. film ini dengan fasihnya menggambarkan kebrutalan-kebrutalan perang Ras. 

Edward Norton yang memerankan Derek Vinyard di Film ini layak diberikan Acungan Jempol, Norton berhasil menciptakan Karakter Derek Vinyard seorang Pemimpin Kelompok Skinhead (Neo Nazi) yang keras dan berkharisma, tak salah jika tahun itu pula Edward Norton Dinominasikan sebagai aktor terbaik di ajang Accademy Award (Oscar). Edward Furlong pun patut mendapatkan Apresiasi lebih, Furlong terlihat sangat cocok dan menyatu dengan perannya sebagai remaja yang mencoba mengikuti jejak kakanya menjadi anggota Skinhead, dengan dandanan khas dan rambut plontosnya. 

Kesimpulannya : This is one of the Classic, salah satu film terbaik yang pernah saya Tonton. dan penampilan Edward Norton Terbaik pula. dan untuk kolektor film atau penggemar film, American History X wajib masuk Daftar MUST HAVE !! 


Just For the Reason Of Sharing :
Download Link American History X : Click Here Part 1 & Part 2


1 comment: