The Joneses (2010) : Konsumtivisme sebagai Komoditas.

 Bayangkan bila Materi dijadikan sebagai Tuhan, dimana segala tingkatan, derajat, harkat dan martabat manusia ditentukan oleh pakaian yang mereka kenakan, gadget yang mereka punya, mobil yang mereka kendarai atau bahkan model rambut yang mereka pakai. kapitalisme memang punya beribu cara untuk menyebarkan budaya konsumtivisme kepada masyarakat (konsumen), dengan beribu taktik dan strategi yang mereka sebut "marketing". Konsumtivisme adalah komoditas Kapitalisme.









 Film "The Joneses" sedikit banyak berbicara tentang hal tersebut. Kate (Demi Moore) dan Steve Jones (David Duchovny)  beserta dua anak mereka Jenn dan Mick adalah sebuah keluarga yang baru pindah ke sebuah kawasan elite Amerika. dari luar keluarga ini digambarkan sebagai sebuah keluarga harmonis, dengan penampilan yang keren, dan kehidupan yang serba sempurna. Rumah dengan interior wah, kendaraan keluaran terbaru, gadget keren dan segala perabotan-perabotan mewah yang mereka punyai.




kondisi keluarga seperti itu kontan membuat the Joneses menjadi keluarga populer di lingkunganya, termasuk Jenn dan Mick yang juga menjadi populer diantara teman-teman sekolahnya. tetangga dan teman-teman The Joneses terpengaruh oleh gamabaran keluarga sempurna seperti itu, dan berusaha sekuat tenaga menyaingi "kesempurnaan" yang dimiliki The joneses.

di balik segala kesempurnaan itu, ternyata The Joneses bukanlah sebuah keluarga sesungguhnya. mereka adalah agen marketing sebuah perusahaan yang menyamar menjadi sebuah keluarga yang menyusup kedalam lingkungan tetangga dan sekolah untuk memasarkan produk-produk mereka. strategi pemasaran seperti ini diklaim perusahaan mereka merupakan strategi paling mutakhir, dengan pendekatan yang lebih halus, dekat dan Intim yang diyakini bisa mendongkrak penjualan produk-produk mereka, dan ternyata memang terbukti.






Secara garis besar Film besutan sutradara Derrick Borte ini menyajikan sebuah Tontonan Bergenre Drama yang tak jauh berbeda dari kebanyakan film bergenre sama, yang membuat Film ini sedikit menarik adalah pemilihan tema yang Fresh dan jarang sekali ditemukan di Film Drama Hollywood lainnya.selain sindiran terhadap masyarakat yang konsumtif, film ini juga berusaha menyampaikan pesan bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. apa yang terlihat dari luar hanyalah topeng.

pemilihan Demi Moore untuk berperan sebagai Kate Jones saya rasa cukup tepat, Demi dengan baik memainkan perannya sebagai seorang wanita eksekutif muda yang ambisius mengejar karir dan berpenampilan menggoda. yang saya rasa kurang dari film ini adalah penokohan Jenn dan Mick yang dirasa kurang mendalam dan terkesan hanya dijadikan sebagai pelengkap saja.

No comments:

Post a Comment